Saturday, March 21, 2015

KONSTRIBUSI PERADABAN ISLAM ATAS KEMAJUAN BARAT

A.    Pendahuluan
Pengaruh dan perubahan yang dibawa Islam telah mengembangkan peradaban dunia menjadi identitas  keIslaman dalam segala  aspek kehidupan sosial dan kebudayaan manusia. Bahkan kebudayaan dan peradaban Islam pada waktu itu  menjadi barometer dan ukuran modernisasi bagi negara Eropa dan Barat. Sehingga perubahan-perubahan yang dibawa Islam berjalan demikian cepat dan dahsyat menyeberangi batas batas rasial dan geografis.

Kemajuan peradaban dan pengetahuan yang ada di Barat tidaklah terjadi dengan begitu saja atau tiba-tiba. Akan tetapi ada proses yang sangat panjang dan butuh waktu yang sangat lama. Dalam sejarah perkembangannya, Islam telah membuktikan dirinya memainkan perang yang penting dalam kemajuan dunia modern saat ini melalui perkembangan ilmu pengetahuan masa lalu, kaum musliminlah yang meletakkan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan kaidah umumnya[1], sehingga dunia maju dan terus maju. Dan Islam telah meletakkan visi dan misi pengembangan kemajuan dan pengetahuan yang murni dengan segala kelebihan dan keutamaannya.
{كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ } [آل عمران: 110]
Artinya: Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.”
Pencapaian kebudayaan, pembangunan dan ilmu pengetahuan Islam masa lalu telah membuka lebar mata dunia bak matahari pagi yang menampakkan alam semesta untuk kita jelajahi dan syukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa.
Untuk itu kita mencoba melihat bagaimana bentuk konstribusi Islam atas dunia Barat.




[1] Palgunadi Tatit Setyawan, Daun berserakan: sebuah renungan hati, Cet. I, (Jakarta: Gema Insani Press, 2004), Hlm. 74.

No comments: